Saturday, March 1, 2008

Sekelumit Tentang Nedi (Untuk Indralaya Post)



Nama

:

Nedi Yansah

Alamat

:

Bedeng Kades No.5 Timbangan Indaralaya Ogan Ilir 30662

:

E-mail / Friendster : akhi­­_nedisef@yahoo.com

Weblog : www.thewinnerlife.blogspot.com

www.thewinnerlife.multiply.com

HP : 0813-77806698

Tempat/tgl lahir

:

Muara Enim, 2 April 1985

Pendidikan Terakhir

:

Universitas Sriwijaya Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Angkatan 2004

Hobi

:

Bertualang, membaca, dan menulis

Riwayat Pendidikan

:

SD Negeri 199 Rambang Lubai Muara Enim

SLTP N 1 Rambang Lubai

SMKN 2 Palembang

Motto

:

Menebar manfaat setiap saat

IPK (Sampai saat ini)

:

3,52

Prestasi

:

1.

Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Unsri 2007

2.

Juara I Lomba Menulis On-Campus Jurnalistik Workshop Indo Pos 2008 dan Sampoerna

3.

Juara I I Lomba KaryaTulis Mahasiswa (LKTM) Unsri 2007 Bidang IPS

4.

Juara I LKTM FE Unsri 2007

5.

Juara II LKTM FE Unsri 2006

6.

Juara V LKTM FE Unsri 2005

7.

Juara I dan IV Lomba Merensi Laporan Seminar Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia di Padang (Tim)

8.

Peringkat 8 LKTM Tingkat Wilayah A (Perguruan Tinggi Se-Jakarta, Banten, dan Sumatra), Peringkat ke 3 untuk kategori PTN Se-Sumatra

9.

Peraih Dana Hibah Bersaing berupa biaya penelitian sebesar Rp. 5 Juta pada Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKMP) 2007

10.

Juara III Pidato Bahasa Inggris pada Speech Contest di El Rahma Education Centre Palembang 2004

11.

Juara Umum I SLTP N 1 Rambang Lubai Muara Enim tahun 2000

12.

Juara Umum I SMKN 2 Palembang tahun 2003

13.

Juara II Lomba Gemar Membaca & Menulis Tk. SLTA/SMK Se-Kota Palembang tahun 2003,dll

Riwayat Organisasi

:

No.

Organisasi

Jabatan

Tahun

1.

BEM FE UNSRI

Gubernur Mahasiswa

2007-2008

2.

Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam Indonesia

Koord. Regional Sumbagsel

2006-2007

3.

Islamic Studies of Economics-Forum

Chairman

2006-2o07

4.

Masyarakat Ekonomi Syari’ah (MES) Sumsel

Staff. Kaderisasi dan Kemahasiswaan

2006-Skrg

5.

Badan Otonom Ukhuwah FE Unsri

Koord. Pusdatin

2005-2006

6.

Dewan Perwakilan Mahasiswa Unsri (DPMU)

Ketua Komisi A

2005

7.

KAMMI

Anggota Biasa I

2004-Skrg

8.

BEM Unsri

Staff Kementrian Sosial Politik

2004-2006

9.

Ikatan Mahasiswa Manajemen FE Unsri

Koord. Bid. Aspiratif dan Kemahasiswaan

2006

Jawaban Pertanyaan :

  1. Apa yang menyebabkan Anda dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Unsri 2007 ?

Jawab : Pemilihan Mapres yang diadakan Direktorat Pendidikan Tinggi pada 20 Juni 2007 di Universitas Sriwijaya. Setelah melalui penjurian yang sangat panjang, Alhamdulillah saya terpilih sebagai terbaik ke-2 dari seluruh kontestan mapres yang mewakili fakultas masing-masing.

  1. Bagaimana pola belajar Anda sehari-hari ?

Jawab : Biasa aja, nggak ada yang spesial kok. Insyaallah, karena dukungan dan do’a banyak orang saya bisa ke pilih. Kesibukan saya di organisasi, kadang membuat saya tidak memiliki banyak kesempatan untuk belajar, sehingga hampir tidak ada perencanaan yang jelas dari sisi perkuliahan. Waktu luang kadang emang banyak, tapi karena sudah kecapaian, malas untuk belajar. Untuk menyiasati keterbatasan ini, saya punya tips tersendiri, yaitu jika mau menghadapi ujian, seminggu sebelumnya dan saat ujian, saya stop semua aktivitas organisasi, saya fokus dengan ujian.

  1. Prestasi apa saja yang telah Anda capai selama Anda menjadi Mahasiswa Unsri ?

Jawab : Terjawab di atas

  1. Apa saja yang turut mendukung Anda dalam mencapai prestasi tersebut ?

Jawab : Insyaallah, pencapaian di atas adalah karunia dari Allah SWT. Selain itu, dukungan banyak pihak, seperti orang tua, para guru, saudara, sahabat, dll memungkinkan saya untuk meraih pencapaian-pencapaian terbaik dalam hidup saya, termasuk selama saya menjadi mahasiswa Unsri. Keinginan untuk membahagian orang-orang yang saya cintai, terutama kedua orang tua adalah semangat yang senantiasa mendorong saya untuk berprestasi. Terlepas dari semua itu, pada dasarnya pencapaian saya ini adalah akumulasi dukungan banyak pihak, baik moril maupun materil. Untuk itu pada kesempatan ini saya ingin menghaturkan terima kasih kepada semua orang yang telah dengan tulus mendukung saya selama ini.

  1. Siapakah yang paling berperan dalam pencapaian Anda tersebut ?

Jawab : Siapa ya…? Semuanya berperan, tapi yang paling, Insyaallah kedua orang tua dan adik saya.

  1. Apakah yang terkadang menjadi hambatan Anda dalam berprestasi dan berkarya ?

Jawab : Hampir tidak ada. Terkadang saya berpikir finansial adalah hambatan, emang iya sih ?, karena segala sesuatu itu butuh dukungan finansial yang kuat, termasuk berprestasi itu sendiri. Tapi, terlalu naïf jika saya dan Anda berpikir demikian, karena toh keterbatasan ini seringkali menjadi dorongan kuat banyak orang untuk berprestasi dalam hidupnya. Menurut saya, hambatan utama dalam berprestasi adalah diri kita sendiri. Rendahnya motivasi diri dan ketidakmampuan memanajemen pontensi diri (IQ, EQ, SQ) seringkali menjadi hambatan utama dalam berprestasi. Pun demikian juga dengan saya.

  1. Apa saja kiat-kiat untuk menjadi mahasiswa beprestasi ?

Jawab : Berhubung Indikator penilaian dalam pemilihan Mapres antara lain; prestasi akademik, Bahasa Inggris, Karya Tulis dan Kegiatan Ekstrakurikuler. Tipsnya adalah kembangkan diri Anda dari semua sisi tersebut. Mulai semester pertama segera tuliskan pada “Buku Impian” (Action Plan = Rencana Selama Mahasiswa) bahwa Anda akan menjadi Mahasiswa Berprestasi. Setelah itu, rencanakan semua tindakan untuk mewujudkannya. Berjuang untuk meraih prestasi akademik yang baik, seperti IPK minimal cumlaude, aktif berpartisipasi dalam kegiatan dan kompetisi ilmiah, produktif menghasilkan karya ilmiah, dll. Terus berjuang meng-upgrade kualitas Bahasa Inggris, dan yang terpenting adalah berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi intenal (Nadwah, BEM Unsri, dll) dan eksternal Kampus (KAMMI, Forum Lingkar Pena, Ikatan Remaja Masjid, Karang Taruna, Organisasi Kedaerahan dll). So nggak salah dong jika mulai sekarang kamu berpikir menjadi Mahasiswa Sukses Akademik Sukses Organisasi organisasi dan Bermanfaat bagi semua (Triple –ing = Studying, Organizing , and Loving).

  1. Menurut Anda, mahasiswa yang seperti apa yang sesuai untuk figur mahasiswa berprestasi ?

Jawab : Mahasiswa seutuhnya. Bukan mahasiswa, yang jadi mahasiswa karena hanya kuliah di perguruan tinggi, tapi mahasiswa yang senantiasa berusaha untuk memainkan peran dirinya, yaitu sebagai agent of change, social control, dan iron stock. Menurut saya, indikator Mapres di atas hakikatnya adalah motivasi bagi seluruh mahasiswa untuk mengoptimalkan perannya. IPK cumlaude, aktif di organisasi, fasih berbahasa inggris, dll pada dasarnya hanya simbol, bukan tujuan utama dari keberadaan mahasiswa itu sendiri.

  1. Bagaimana Anda melewatkan hari libur Anda ?

Jawab : Biasa aja, kadang bagi saya dan banyak orang, hampir nggak ada hari libur. Hari libur kadang menjadi waktu tersibuk bagi saya. Hari libur menjadi waktu spesial untuk aktivitas organisasi. Jika pun ada hari libur, biasa saya isi dengan agenda yang bersifat santai.

  1. Apa motto hidup Anda ?

Jawab : Menebar manfaat setiap saat. Filosofinya : Sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa manusia yang terbaik adalah manusia yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain. Pun saya berkomitmen untuk senantiasa mengoptimalkan karunia dari-Nya untuk kemanfaatan bagi banyak orang. Menurut saya, hakikatnya berprestasi itu adakah aktualisasi dari kemanfaatan diri bagi orang lain. Pengakuan khalayak itu pada dasarnya adalah simbol saja, bukan tujuan.

  1. Bagaimana perasaan Anda setelah dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi ?

Jawab : Alhamdulillah atas karunia-Nya.

  1. Apakah yang belum Anda capai saat ini ?

Jawab : Sangat banyak. Mengoptimalkan peran diri sebagai manusia penghuni bumi, sebagai Warga Negara Indonesia, dan sebagai orang yang dicintai dari semua yang mencintai.

  1. Kalau Anda bisa memilih Anda ingin menjadi apa ?

Jawab : Saya memiliki beberapa alternatif cita-cita, antara lain mengabdikan diri untuk mencerdaskan bangsa dengan menjadi tenaga pendidik di kampus tercinta, menghijrahkan banyak orang dari praktek perbankan konvensional ke bank syari’ah dengan menjadi bankir syari’ah, membagi kebahagian dengan banyak orang layaknya Abdurrahman bin Auf, seorang pebisnis sahabat Rasulullah SAW, terkemuka dan terutama saya ingin menjadi bagian dari kemulian peradaban umat manusia. Amiiin.

No comments: